Google+ Followers

20.9.13

POIPLANT #1 - Castor Oil

Ya, jadi mulai dari post pertama ini, untuk seterusnya gue bakal banyakin post tentang...

POIPLANT!

Poiplant itu singkatan dari Poisoned Plant. yang artinya : tumbuhan sehat beracun.

Poiplant sendiri ini merupakan sesuatu yang istimewa bagi gue. Dari SD, gue emang suka cari informasi tentang makhluk hidup yang beracun, terutama Tumbuhan. Dan gak ada salahnya kalo gue bagi informasi yang udah gue dapet ke teman-teman yang baca blog ini.

So, buat edisi Poiplant yang pertama ini, gue mau tampilin tumbuhan beracun yang disarankan oleh salah satu temen gue : Castor Oil Plant.

Nama umum : Castor Oil / Castor Bean
Ordo              : Malpighiales
Famili            : Euphorbiaceae
Nama Latin   : Ricinnus communis
Jenis Racun  : masih secret, baca terus kalo mau tau... :p

 



Tumbuhan yang satu ini termasuk kelompok bunga-bungaan. Tumbuh paling banyak di Afrika timur dan India, namun dapat tumbuh di daerah lain. Sebenernya, nama Indonesia Castor Oil Plant ini adalah Tumbuhan Jarak, yang menghasilkan minyak jarak.

Tumbuhan jarak ini tergolong cepat dalam pertumbuhannya dan dapar mencapai 12 meter atau setara dengan 39 kaki. Daunnya 15-45 cm dengan batang yang panjang. Minyak tumbuhan ini biasanya digunakan untuk lubrikan motor, dan juga minyak yang digunakan sebagai bahan bakar pesawat pada Perang Dunia 1.

Dan, bagian yang menurut gue paling utama di post ini adalah...

WARNING!!! : Toxicity.. POISON DETECTED!!! *suara ambulans**Piui piui piui!*

.......

.......

Ricin.

Yap, Ricin.

Ricin adalah zat racun dalam Castor Oil Plant, yang  menyebabkan tumbuhan ini masuk kategori 5 tumbuhan paling beracun oleh Guinnes World Records pada tahun 2007.

Racun dalam tumbuhan ini telah menewaskan banyak penduduk India, karena Castor Oil di India banyak tumbuh di pinggir jalanan. Zat ricin di dalamnya dapat menyebabkan nausea (mual dan muntah), diare, tachycardia (denyut jantung cepat), hipotensi (tekanan darah rendah), dan bahkan kejang-kejang berlanjut selama satu minggu.

4 biji tumbuhan jarak dapat membunuh satu kelinci. 5 biji dapat membunuh domba. 6 dapat membunuh seekor lembu atau kuda. 7 untuk babi. 11 untuk anjing. Namun, uniknya, untuk mematikan seekor bebek butuh mengkonsumsi 80 biji jarak. Wow!

Dengan adanya racun ini, Castor Oil dapat dimanfaatkan untuk pembunuh serangga....

Supaya terhindar dari si Racun ini, kita perlu keluarin dulu bagian (getah) yang memiliki kandungan ricin.

 
Okeh, cukup dulu buat postingan POIPLANT pertama ini.Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat yang baca, see ya in the next POIPLANTTTTTTTZA!

Ingat, jangan makan racun! *quotes of the year









Tidak ada komentar:

Posting Komentar